"GLOBALISASI" ancaman atau peluang



Mengamati prilaku-prilaku manusia yang hidup bersama dengan modernitas yang tanpa disadari lahir sebagai pendukung terberat dari kapitalisme memang mengasikkan,,membawa imajinasi terbang menembus tapal batas pemikiran yang biasa. masyarakat modern yang tak mengenal pencerahan walaupun pencerahan telah terjadi lebih dari beberapa abad silam yang ditandai dengan runtuhnya mitos serta timbulnya pemikiran kritis yang bebas nilai(adorno “dialetika pencerahan/dialiectica of auklarung”).

kehidupan struktur peradaban masyarakat modern yang dipengaruhi oleh globalisasi memaksakan terbentuknya sebuah sistem baru dalam peradaban manusia yang tanpa disadari melanggengkan kekuasaan kapitalisme bumi ini dan merubah struktur budaya manusia begitu cepat. globalisasi menjelma menjadi mitos baru dalam peradaban masyarakat modern yang tak dipertanyakan bagaimana kemunculannya serta apa imbas negatifnya,,hanya sedikit diskursus yang membahas tentang globalisasi.

sebelum menelusup lebih dalam ke dalam alam imajinasi kita, mari kita samakan terlebih dahulu perspektif kita tentang globalisasi, menurut jacques gellinas dalam karyanya “jugerneout politic and the globalization” mengatakan bahwasanya globalisasi adalah penyamaan selera yang dipaksakan terbentuk sebagai suatu fundamental sistem masyarakat modern.

penyamaan selera yang dimaksudkan disini adalah penyamaan dalam sudut pandang masyarakat modern terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupannya,semua yang menyangkut kehidupan manusia dipaksakan untuk menjadi sama. cantik harus berkulit putih dan berambut lurus, pakaian yang bagus adalah yang diproduksi oleh pabrikan ternama, dan banyak lagi contoh penyamaan selera yang dipaksakan menjadi sebuah mitos yang tak dipertanyakan kebenarannya.

globalisasi tentu saja membawa dampak negatif dan menjadikan manusia menjadi masyarakat yang bodoh dan merasakan kenyamanan bersama kebodohannya. masyarakat modern saat ini tak lebih dari sebuah mesin hidup yang kepalanya ditanamkan sebuah chip bernama globalisasi yang mengatur segala sudut pandang dalam menerima segala sesuatu.

akhirnya alam imajinasi kita telah membawa kita ke dalam logika (makna tersembunyi) dari globalisasi, namun setelah menyadarinya membuat kita menjadi semakin bingung bagaimana agar chip globalisasi yang tertanam dikepala kita semua bisa dikeluarkan dan menjadikan kita manusia seutuhnya yang memegang prinsip dasar kita sebagai manusia. restorasi budaya lokal merupakan satu-satunya jalan meruntuhkan tembok kokoh globalisasil yaitu dengan kembali pada kebudayaan lokal suatu masyarakat ternyata ikut tertarik menjadi bagian darinya..

lantas apalagi cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk revolusi terhadap globalisasi?, itulah tugas kita yang mengaku sebagai pewaris zaman untuk memikirkannya, sehingga globalisasi tak hanya menjadi wacana yang mendekam di memori otak kita…..
Anda membaca artikel "GLOBALISASI" ancaman atau peluang dan anda bisa menemukan Anchor Text artikel dengan url http://pendidikanpedia.blogspot.com/2012/01/ancaman-atau-peluang.html.


Backlink here..

Description: "GLOBALISASI" ancaman atau peluang Rating: 4.5 Reviewer: seputarwisata.com - ItemReviewed: "GLOBALISASI" ancaman atau peluang


Shares News - 07.27


Share your views...

0 Respones to ""GLOBALISASI" ancaman atau peluang"

Posting Komentar